beberapa fitur yang ada di 3ds max
1. Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat.perintah-perintah ini biasanya berbentuk teks.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor.
3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat.
Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya.
Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout.
Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.dan kurang lebih seperti create,modify,hierarcy, motion,display, dan utility.
4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang.
Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat.
Terdapat beberapa main toolbar standar.
-. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
-. Redo merupakan kebalikan dari undo
-. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
-. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
-. Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
-. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
-. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
-. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
-. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
-. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
-. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek.
-. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
-. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek.
-. Layer manager digunakan untuk mengatur layer.
-. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat.
-. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
-. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
_ Time Slider dan tool-tool untuk navigasi.
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
Time Slider.
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
6. Rollout, merupakan menu gulung yang ada pada setiap perintah, berisi parameter-parameter untuk mengontrol objek.Rollout pada gambar sampel adalah Name and Color.
7. World Axis, merupakan ikon sistem koordinat dunia yang menunjukkan arah sumbu X,Y, dan Z di setiap viewport.
8. Slide Bar, yang berfungsi untuk memindahkan frame aktif untuk keperluan animasi.
9. Auto Key, untuk mengaktifkan keyframer otomatis untuk keperluan animasi.
10. Animation Control, berisi perintah-perintah untuk mengatur pandangan dalam viewport.
Dan itulah sekilas mengenai fitur-fitur yang ada dalam program 3dsmax, adapun untuk menggunakan software ini harus memenuhi kriteria hardware komputer sebagai berikut:
Autodesk 3ds Max System Requirements
32-Bit 3ds Max or 3ds Max Design 2012 for Windows
Operating system: Microsoft® Windows® 7 Professional operating system, Microsoft® Windows Vista® Business operating system (SP2 or higher), or Microsoft® Windows® XP Professional operating system (SP3 or higher)
For general animation and rendering (typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel® Pentium® 4 1.4 GHz or equivalent AMD® processor with SSE2 technology*
· 2 GB RAM (4 GB recommended)
· 2 GB swap space (4 GB recommended)**
· 3 GB free hard drive space
· Direct3D® 10 technology, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB or higher recommended)
· Three-button mouse with mouse driver software
· DVD-ROM drive††
· Microsoft® Internet Explorer® 8.0 internet browser or higher or Mozilla® Firefox® 3.0 internet browser or higher
· Internet connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access
64-Bit 3ds Max 2012 or 3ds Max Design 2012 for Windows
Operating system: Microsoft Windows 7 Professional x64, Microsoft Windows Vista Business x64 (SP2 or higher), or Microsoft Windows XP Professional x64 (SP3 or higher)
For general animation and rendering (typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel® 64 or AMD64 processor with SSE2 technology*
· 4 GB RAM (8 GB recommended)
· 4 GB swap space (8 GB recommended)**
· 3 GB free hard drive space
· Direct3D 10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB recommended)
· Three-button mouse with mouse driver software
· DVD-ROM drive††
· Microsoft Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser
· Internet connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access
For large scenes and complex data sets (typically more than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel® 64 or AMD64 processor with SSE2 technology*
· 8 GB RAM
· 8 GB swap space**
· 3 GB free hard drive space
· Direct3D 10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (1 GB or higher video card memory)
· Three-button mouse with mouse driver software
· DVD-ROM drive††
· Microsoft Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser
· Internet connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access
¹64-bit Windows Vista requires an Intel Core® 2 Duo or Intel® Xeon® processor.
²Parallels Desktop is the only supported virtual machine software at this time.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor.
3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat.
Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya.
Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout.
Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.dan kurang lebih seperti create,modify,hierarcy, motion,display, dan utility.
4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang.
Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat.
Terdapat beberapa main toolbar standar.
-. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
-. Redo merupakan kebalikan dari undo
-. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
-. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
-. Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
-. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
-. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
-. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
-. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
-. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
-. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek.
-. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
-. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek.
-. Layer manager digunakan untuk mengatur layer.
-. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat.
-. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
-. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
_ Time Slider dan tool-tool untuk navigasi.
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
Time Slider.
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
6. Rollout, merupakan menu gulung yang ada pada setiap perintah, berisi parameter-parameter untuk mengontrol objek.Rollout pada gambar sampel adalah Name and Color.
7. World Axis, merupakan ikon sistem koordinat dunia yang menunjukkan arah sumbu X,Y, dan Z di setiap viewport.
8. Slide Bar, yang berfungsi untuk memindahkan frame aktif untuk keperluan animasi.
9. Auto Key, untuk mengaktifkan keyframer otomatis untuk keperluan animasi.
10. Animation Control, berisi perintah-perintah untuk mengatur pandangan dalam viewport.
Dan itulah sekilas mengenai fitur-fitur yang ada dalam program 3dsmax, adapun untuk menggunakan software ini harus memenuhi kriteria hardware komputer sebagai berikut:
Autodesk 3ds Max System Requirements
32-Bit 3ds Max or 3ds Max Design 2012 for Windows
Operating system: Microsoft® Windows® 7 Professional operating system, Microsoft® Windows Vista® Business operating system (SP2 or higher), or Microsoft® Windows® XP Professional operating system (SP3 or higher)
For general animation and rendering (typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel® Pentium® 4 1.4 GHz or equivalent AMD® processor with SSE2 technology*
· 2 GB RAM (4 GB recommended)
· 2 GB swap space (4 GB recommended)**
· 3 GB free hard drive space
· Direct3D® 10 technology, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB or higher recommended)
· Three-button mouse with mouse driver software
· DVD-ROM drive††
· Microsoft® Internet Explorer® 8.0 internet browser or higher or Mozilla® Firefox® 3.0 internet browser or higher
· Internet connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access
64-Bit 3ds Max 2012 or 3ds Max Design 2012 for Windows
Operating system: Microsoft Windows 7 Professional x64, Microsoft Windows Vista Business x64 (SP2 or higher), or Microsoft Windows XP Professional x64 (SP3 or higher)
For general animation and rendering (typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel® 64 or AMD64 processor with SSE2 technology*
· 4 GB RAM (8 GB recommended)
· 4 GB swap space (8 GB recommended)**
· 3 GB free hard drive space
· Direct3D 10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB recommended)
· Three-button mouse with mouse driver software
· DVD-ROM drive††
· Microsoft Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser
· Internet connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access
For large scenes and complex data sets (typically more than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel® 64 or AMD64 processor with SSE2 technology*
· 8 GB RAM
· 8 GB swap space**
· 3 GB free hard drive space
· Direct3D 10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (1 GB or higher video card memory)
· Three-button mouse with mouse driver software
· DVD-ROM drive††
· Microsoft Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser
· Internet connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access
¹64-bit Windows Vista requires an Intel Core® 2 Duo or Intel® Xeon® processor.
²Parallels Desktop is the only supported virtual machine software at this time.
Komentar
Posting Komentar