Teknik animasi pada simulasi visual
Menganimasikan adalah proses menggerakkan objek yang telah dibuat sesuai dengan storyboard.
Menganimasikan meliputi proses perubahan skala, melakukan rotasi dan/atau mengubah posisi objek setiap frame sehingga menimbulkan ilusi gerak. Teknik animasi yang dipakai dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
Animasi perpindahan lokasi objek, merupakan teknik animasi dasar untuk mengubah posisi objek
dari posisi awal ke posisi akhir. Penempatan posisi tersebut ditandai dengan sebutan keyframe atau gambar kunci.
Animasi perpindahan lokasi banyak digunakan untuk membuat rangkaian gerakan benda;
Animasi rotasi, merupakan teknik animasi gerakan berputar.
Objek animasi akan diputar sesuai kebutuhan atau konsep pada storyboard.
Animasi rotasi biasa digunakan untuk mempertegas objek dan menjadikan gerakan objek terkesan dinamis;
Animasi skala, merupakan animasi perubahan ukuran.
Digunakan untuk mempertegas objek yang akan disampaikan dan memberikan efek objek terlihat dinamis;
Animasi kamera, merupakan animasi tingkat lanjut.
Jika pada animasi perubahan lokasi, rotasi dan skala objeknya yang digerakkan, pada animasi kamera adalah kamera yang dianimasikan. Kamera bergerak mendekati objek, menjauh dari objek, atau kamera mengitari objek. Bisa dikombinakasikan animasi bendanya bergerak dan kamera juga bergerak. Hal ini akan menambah kesan dinamis pada tayangan animasi.
Namun jika penempatannya kurang tepat akan berdampak pada animasi yang kurang bagus. Pada tayangan objek akan bergerak tanpa arah yang jelas. Gunakan teknis yang sesuai dengan kebutuhan cerita/skenario animasi yang telah disiapkan.
Menganimasikan meliputi proses perubahan skala, melakukan rotasi dan/atau mengubah posisi objek setiap frame sehingga menimbulkan ilusi gerak. Teknik animasi yang dipakai dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
Animasi perpindahan lokasi objek, merupakan teknik animasi dasar untuk mengubah posisi objek
dari posisi awal ke posisi akhir. Penempatan posisi tersebut ditandai dengan sebutan keyframe atau gambar kunci.
Animasi perpindahan lokasi banyak digunakan untuk membuat rangkaian gerakan benda;
Animasi rotasi, merupakan teknik animasi gerakan berputar.
Objek animasi akan diputar sesuai kebutuhan atau konsep pada storyboard.
Animasi rotasi biasa digunakan untuk mempertegas objek dan menjadikan gerakan objek terkesan dinamis;
Animasi skala, merupakan animasi perubahan ukuran.
Digunakan untuk mempertegas objek yang akan disampaikan dan memberikan efek objek terlihat dinamis;
Animasi kamera, merupakan animasi tingkat lanjut.
Jika pada animasi perubahan lokasi, rotasi dan skala objeknya yang digerakkan, pada animasi kamera adalah kamera yang dianimasikan. Kamera bergerak mendekati objek, menjauh dari objek, atau kamera mengitari objek. Bisa dikombinakasikan animasi bendanya bergerak dan kamera juga bergerak. Hal ini akan menambah kesan dinamis pada tayangan animasi.
Namun jika penempatannya kurang tepat akan berdampak pada animasi yang kurang bagus. Pada tayangan objek akan bergerak tanpa arah yang jelas. Gunakan teknis yang sesuai dengan kebutuhan cerita/skenario animasi yang telah disiapkan.
Komentar
Posting Komentar