Menerapkan Pengetahuan Tentang Fitur Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi - Camera Angle, Ukuran Objek, dan Camera Movement

1.Camera angle Camera angle adalah sudut pengambilan gambar suatu objek.
Dengan sudut tertentu kita bisa menghasilkan suatu shot yang menarik. Dengan perspektif yang unik akan menciptakan kesan tertentu pada objek yang Anda tayangkan.

Camera angle menentukan wilayah dan titik pandang yang direkam oleh kamera.
Sebuah film atau animasi terbentuk dari banyak shot (bidikan kamera), setiap shot membutuhkan penempatan kamera yang terbaik bagi pandangan penonton. Pemilihan angle kamera yang baik akan meningkatkan kualitas dramatik dari objek yang disampaikan. Konsep akan berhasil disampaikan dengan bahasa visual yang baik jika terdapat kesinambungan kejadian/proses yang ditampilkan dari berbagai sudut pandang.

Camera angle sangat diperlukan untuk menyajikan infomasi visual dengan rangkaian bidikan kamera yang mampu mengomunikasikan informasi menjadi lebih baik dan mudah dipahami melalui bahasa visual.

2. Jenis camera angle

-a. Angle Kamera Objektif Kamera ini melakukan pengambilan gambar mewakili pandangan penonton.
Penonton menyaksikan peristiwa yang dilihatnya melalui mata pengamat yang tersembunyi, diwakili oleh kamera. Angle kamera ini tidak mewakili pandangan siapapun dalam film, kecuali pandangan penonton
atau netral. Sebagian besar tayangan disajikan dari angle kamera yang objektif.

-b. Angle Kamera Subjektif Kamera subjektif merekam dari titik pandang seseorang. Penonton ikut berpartisispasi dalam peristiwa yang disaksikannya sebagai pengalaman pribadinya. Penonton dilibatkan dalam tayangan, yaitu ketika presenter memandang ke lensa, terasa penonton diajak berinteraksi dengan presenter.

-c. Angle Kamera Point of View Angle ini merekam objek dari titik pandang pemain tertentu. Point of view adalah objective angle.

3. Ukuran Objek Ukuran Objek mengacu pada ukuran objek dapat ditentukan berdasarkan
-a. perbandingan ukuran objek terhadap luas area frame;

-b. Penggunaan lensa kamera dengan focal length tertentu akan menciptakan ukuran objek yang berbeda.

-c. Jarak antara kamera dengan objek
FL panjang = ukuran gambar besar FL pendek = ukuran gambar kecil

Semakin jauh jarak objek dengan kamera, objek akan tampak semakin kecil. Sebaliknya semakin dekat objek dengan kamera akan menjadikan objek tampak semakin besar.

Komentar

Postingan Populer